Rabu, 14 Desember 2016

Perkembangan Basis Data

Standard
Pertama Database dibuat dalam bentuk RDBMS (Relational Database management system) yaitu tabel-tabel antar database yang memiliki relasi satu dengan yang lain. Seiring berkembang nya jaman , database berkembang menjadi NO SQL Database yaitu database yang tidak memiliki relasi antar tabel nya, biasanya dalam bentuk plain text, json, xml dsb.

Terdapat beberapa istilah dalam perkembangan basis data.



a.       Data Warehouse : Proses pengumpulan dan analisa dari historical transaksi data, bisa dari database internal maupun sumber database yang lain.
Contohnya : Proses data warehousing di supermarket

b.      Data Mart : Bentuk sederhana dari sebuah data warehouse yang difokuskan pada single subject atau functional seperti penjualan, pembelian, keuangan, pemasaran.Contohnya : data penjualan, pembelian, keuangan, pemasaran di supermarket

c.       Data Mining : sebuah praktis otomatisasi dari sebuah data yang sangat besar untuk memperoleh pola dan tren yang melampaui analisa-analisa sederhana.

Contohnya : Menebak target pasar, Melihat pola beli dari waktu ke waktu, melihat hubungan antara satu produk dengan produk lainnya, melihat profil pembeli sehingga dapat diketahui kelompok pembeli tertentu cenderung kepada suatu produk apa saja.

0 komentar:

Posting Komentar